Pakan lele dari pelet

Cara Buat Pakan Lele Dari Pelet Agar Lebih Hemat

Apa kabar, Sobat Petani Magma? Bagaimana kelangsungan budidaya ikan lele milik Anda? Semoga selalu dalam keadaan lancar ya! Nah, kali ini kami akan membahas berbagai hal mengenai pembuatan pakan lele dari pelet agar lebih hemat (biaya, tentunya). Pastinya Anda, para pembudidaya lele, tidak akan melewatkan kesempatan untuk mengetahui hal ini, bukan? Yuk, check it out!

Pentingnya Pemberian Pakan Lele Dari Pelet

Memang banyak pro kontra terkait pemberian pelet untuk pakan ikan lele karena dianggap membuat daging ikan tersebut terasa seperti tercampur bahan kimia. Namun Anda harus tahu bahwa pelet adalah kunci kesuksesan budidaya lele dan berbagai hewan ternak lainnya.

Tentu saja pelet merupakan pakan olahan pabrik yang diberi berbagai nutrisi tertentu yang sesuai dengan kebutuhan lele Anda. Pemberian pakan lele dari pelet membuat ikan lele mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dan rata. Ikan lele yang diberi asupan pelet pun juga akan cepat besar serta sangat mudah untuk dipanen dengan cepat.

Bagaimana Cara Membuat Pakan Lele Dari Pelet Agar Lebih Hemat?

Para pembudidaya ikan lele pasti sangat paham jika setiap hari memberi pakan ikan lele berupa pelet, biayanya akan cukup banyak. Biasanya per 1.000 ekor lele dibutuhkan 94,5 kilogram pakan untuk waktu sekitar 1 bulan. Bisakah pengeluaran pakan ini diperkecil lagi?

Nah, berikut ini tips kami jika Anda ingin membuat pakan ikan lele dengan biaya yang lebih hemat :

  1. Pakai SOC GDM

Langkah pertama, tuangkan 1 tutup botol SOC (Suplemen Organik Cair) GDM pada sebuah wadah. SOC merupakan jenis cairan yang terbuat dari bahan-bahan organik dan memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh lele. Suplemen ini sering digunakan oleh para peternak untuk memberi makan hewan ternak mereka (jadi bukan hanya untuk lele). Pengganti SOC GDM mungkin bisa menggunakan EM4, jadi silakan tinggal dipilih saja Sobat Magma.

  1. Tuangkan molase

Langkah kedua, Anda bisa menuangkan molase pada cairan SOC GDM yang telah ditaruh pada sebuah wadah. Molase adalah tetes / cairan gula yang dihasilkan dari ekstrak tebu yang diperas. Molase banyak digunakan untuk pembuatan pakan ikan lele karena kandungan nutrisinya yang sangat baik. Anda bisa menuangkan molase ini sebagai campuran pakan lele dari pelet sebanyak 100 ml.

  1. Tambahkan air sebanyak 1 liter

Pada campuran molase serta SOC tadi, campurkan 1 liter air untuk membuat cairan tersebut memiliki kekentalan yang lebih rendah. Setelah itu campurkan pakan sebanyak 1 kilogram ke dalam cairan tersebut. Dan diamkan campuran pakan tersebut selama 1 jam hingga pakan mengembang.

Setelah pakan mengembang, pakan ikan lele yang telah Anda buat tersebut bisa langsung dibagikan pada lele di kolam terpal milik Anda. Jangan serta merta memberikan pakan yang sudah jadi secara keseluruhan. Namun bagilah pakan tersebut agar bisa diberikan sebanyak 2-3 kali sehari.

Demikianlah cara buat pakan ikan lele dari pelet agar lebih hemat dan lebih bernutrisi. Anda bisa gunakan saran dari kami yang terbilang baru ini untuk proses budidaya lele di tempat Anda pribadi karena sudah kami uji khasiatnya. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *