Cara Mudah Membuat Molase Dari Gula Merah

Cara Mudah Membuat Molase Dari Gula Merah

Molase sering disebut dengan tetes tebu, di mana molase ini menjadi salah satu bahan yang dicampurkan pada probiotik rabat untuk ikan lele. Molase sendiri menjadi produk sampingan dari pabrik tebu yang digunakan di sector pertanian dan perternakan. Di mana bentuk dari cairan ini kental dan berwarna coklat.

Dalam molase terdapat kandungan sukrosa yang sangat tinggi yaitu sekitar 48% hingga 55%. Tidak hanya itu saja, molase juga mengandung kalsium, oksalat, protasium dan klorida. Di mana molase ini memiliki mampu untuk meningkatkan produktifitas perikanan.

Peran Molase di Perternakan Ikan Lele

Adapun peran dari penggunaan molase di probiotik untuk ikan lele. Tentu saja perannya sangatlah penting. Berikut ini peran molase pada probiotik ikan lele:

  1. Mempercepat pertumbuhan plankton di kolam

Peran pertama dari molase adalah untuk mempercepat pertembuhan plankton di kolam ikan lele. Seperti yang Anda ketahui bahwa plankton adalah makanan dari ikan. Di mana dengan banyaknya plankton yang ada di kolam akan membuat ikan mendapatkan makanan alami dengan lebih mudah. Dengan ikan lele memiliki persediaan makanan alami yang banyak maka pertumbuhan ikan pun juga semakin cepat.

  1. Menjaga kualitas air kolam

Pemberian probiotik yang menggunakan molase sebagai salah satu bahan dasarnya ternyata juga dapat menjaga kualitas air dalam kolam. Di mana dengan adanya molase pada probiotik mampu mencegah tumbuhnya bakteri pathogen yang dapat membuat ikan lele sakit.

  1. Mempertahankan DO dan pH air

Tidak hanya itu saja, probiotik yang mengandung molase ternyata juga mampu mempertahankan DO serta pH air. Bahkan pH air dapat meningkat hingga mencapai taraf yang lebih baik untuk menjadi habitat ikan lele. Seperti yang Anda ketahui, bahwa pH air yang bagus akan membuat pertumbuhan ikan lele menjadi lebih cepat dan sehat.

Molase memang dikenal sebagai tetes tebu dan diproduksi di pabrik gula. Namun, ternyata Anda juga dapat membuat molase dari gula merah yang tentu saja prosesnya lebih cepat. Di bawah ini sendiri akan dijelaskan bagaimana cara untuk membuat molase dari gula merah.

Cara membuat Molase dari gula merah

Menggunakan gula merah sebagai bahan pembuatan molase sendiri sudah terkenal dikalangan para pembudidaya ikan. Berikut ini adalah cara membuat molase dari gula merah:

  1. Siapkan bahan

Pertama-tama tentu saja menyiapkan bahan yang akan digunakan yaitu gula merah dan air. Untuk takarannya adalah 1:1, dalam artian jika airnya sebanyak 1 liter maka gula merahnya adalah 1 kg. Apabila airnya 2 liter maka gula merah yang digunakan pun 2 kg dan seterusnya.

  1. Gula merah ditumbuk

Agar proses pembuatan molase berjalan lebih cepat, ada baiknya gula merahnya ditumbuk terlebih dahulu. Tidak perlu hingga halus sekali, cukup membuat gula merah memiliki potongan lebih kecil. Hal ini bertujuan agar gula merah cepat larut.

  1. Rebus kedua bahan

Jika gula merah sudah ditumbuk, maka selanjutnya Anda tinggal merebusnya dengan air. Pada bagian ini sendiri Anda dapat memasukan gula merah langsung bersamaan dengan air dan panaskan hingga mendidih. Sangat disarankan ketika air sudah mulai panas, Anda harus mengaduknya. Hal ini supaya membuat gula merah benar-benar larut sepenuhnya.

  1. Tunggu dingin

Proses ini sendiri memakan waktu beberapa menit hingga gula merah benar-benar larut. Ketika sudah mendidih tunggu dulu 2 hingga 3 menit untuk memastikan bahwa gula sudah luruh. Tunggulah hingga dingin baru Anda masukan ke dalam wadah seperti dirijen.

Penggunaan gula merah sendiri sering kali dipilih karena masih merupakan gula asli yang belum tercampur dengan bahan kimia. Di mana tentu saja gula putih dapat digunakan hanya saja gula putih sudah melalui proses yang cukup panjang dan menggunakan beberapa bahan tambahan.

Tapi jika Anda ingin menggunakan gula putih pun tidak apa-apa. Penggunaan molase ini sendiri dapat Anda campurkan pada probiotik rabat yang ada pada artikel sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *