cara buat probiotik rabal ikan lele

Cara Membuat Probiotik Rabal Untuk Ikan Lele Mudah dan Murah

Dalam pembahasan sebelumnya untuk dapat membuat ikan lele sehat dan cepat besar, maka sangat penting sekali untuk menggunakan probiotik sebagai vitamin tambahan. Jika artikel sebelumnya, Anda dapat membeli probiotik keluaran pabrik dengan merk tertentu. Maka dalam artikel ini, Anda dapat membuat probiotik rabal atau probiotik dengan bahan – bahan alami yang dapat dengan mudah Anda temukan.

Kelebihan Probiotik Rabal untuk Ikan Lele

Adapun kelebihan yang akan dirasakan untuk Anda yang membudidayakan ikan lele dari pemberian probiotik rabal ini. Berikut ini adalah kelebihannya:

  1. Menambah nafsu makan

Pemberian probiotik ini sendiri untuk mendongkrak nafsu makan dari ikan lele. Di mana tentu saja akan membuat ikan lele cepat besar dan juga selalu sehat. Tidak hanya itu saja, karena nafsu makannya yang baik, maka ikan dapat dipanen pada waktu yang tepat dan tingkat kematiannya pun sangat kecil.

  1. Melancarkan pencernaan ikan lele

Kelebihan selanjutnya adalah akan membantu pencernaan ikan lele agar lancar. Hal ini dikarenakan adanya bakteri baik yang akan membuat metabolisme tubuh ikan lele berjalan dengan baik.

  1. Kekebalan tubuh ikan lele menjadi lebih baik

Tidak hanya itu saja, dengan pemberian probiotik rabal ini maka ikan lele akan memiliki kekebalan tubuh yang sangat baik. Di mana ikan lele tidak akan mudah terserang penyakit yang sering kali disebabkan oleh jamur, parasit atau bakteri jahat lainnya.

  1. Meningkatkan kualitas air kolam

Kelebihan lainnya dari pemberian probiotik rabal untuk ikan lele adalah dapat meningkatkan kualitas air kolam. Tentu saja kualitas air sangatlah penting untuk perkembangan ikan lele agar selalu sehat dan juga kematian pada ikan lele dapat ditekan hingga angka terkecil.

Cara Membuat Probiotik Rabal untuk Ikan Lele


Setelah melihat kelebihan dari pemberian probiotik rabal, tentu saja selanjutnya Anda perlu mengetahui cara untuk membuatnya. Anda hanya membutuhkan bahan – bahan berikut ini:

  1. 9 liter air bersih
  2. 2 ragi tape tumbuk halus
  3. 1 sachet susu putih kental manis
  4. Yakult 2 botol
  5. Air kelapa tua murni 1 liter
  6. Molase 500 ml gula aren

Jika semua bahan sudah disediakan, berikutnya Anda hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama

Ragi tape yang sudah ditumbuk masukan ke dalam 9 liter air dan aduk hingga larut. Pastikan ragi tape sudah benar – benar halus, jika belum halus dapat Anda haluskan pada saat dicampur dengan menggunakan tangan. Tujuannya agar ragi dapat berfermentasi dengan baik dan sempurna.

  1. Langkah kedua

Setelah itu masukan yakult dan aduk lagi hingga semua tercampur menjadi satu.

  1. Langkah ketiga

Kemudian masukan susu putih kental manis dengan merk apa saja. Sekali lagi aduk hingga benar – benar larut.

  1. Langkah keempat

Masukan air kelapa langsung ke dalam campuran. Ingat, bahwa air kelapa yang digunakan berasal dari buah kelapa tua.

  1. Langkah kelima

Kemudian masukan molase langsung ke dalam air yang sudah tercampur dengan bahan – bahan sebelumnya. Molase ini sendiri digunakan sebagai makanan mikroorganisme dari ragi tape dan juga yakult, sehingga proses fermentasi akan berjalan dengan baik. Aduk hingga semua bahan menjadi rata.

  1. Langkah keenam

Apabila sudah rata, Anda dapat memasukan probiotik rabal dari bahan alami ke dalam jerigen dengan ukuran 10 atau 20 liter. Jika sudah dimasukan, tutup rapat dan biarkan proses fermentasi berjalan selama 7 hari.

Jika sudah proses fermentasi sudah berjalan 7 hari, Anda dapat menggunakannya untuk dimasukan ke dalam air pada kolam yang masih belum diberikan bibit. Untuk pertama kali Anda masukan sebanyak 50 cc per meter kubik, lalu selama seminggu sekali sebanyak 20 hingga 30 cc.

Anda juga dapat mencampurkan probiotik rabal ini pada pakan ikan lele.  Di mana untuk pakan ikan lele Anda dapat mencampurkan dengan cara disemprot atau dilarutkan terlebih dahulu sebanyak 20 hingga 30 cc per kilogram.

Ketika probiotik dalam proses fermentasi probiotik rabal, bukalah tutup jerigen sehari sekali. Hal ini dikarenakan pada proses fermentasi akan menimbulkan gas yang dikhawatirkan dapat meledak ketika tidak pernah dibuka minimal sehari sekali.

Catatan tambahan bagi Anda yang menggunkan EM4 atau Efektif Mikroorganisme 4, yang berarti dibuat dengan  tahap yang sama dengan pabrikan. Namun, EM4 ini juga dapat dibuat dengan menggunakan bahan alami. Proses pembuatannya sendiri pun cukup panjang. Tapi, dengan menggunakan probiotik ini pun sudah tidak masalah karena didalamnya sudah terdapat mikoorganisme dari ragi tape dan yakult.

Itulah penjelasan kelebihan dan cara membuat probiotik rabal dari bahan alami yang mudah serta lebih murah. Dengan menggunakan probiotik ini, Anda dapat menghemat pengeluaran cukup banyak dengan hasil panen yang juga menggiurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *