cara tebar benih

Cara Menebar Benih Ikan Lele yang Benar untuk Pemula

Bagi Anda yang memang ingin membudidayakan ikan lele, tentu saja banyak sekali informasi yang perlu untuk diketahui. Salah satunya adalah cara menebar benih ikan lele yang benar. Menebar benih ikan lele sendiri tidak bisa asal, karena benih – benih ini sendiri masih sangat rawan sekali untuk mati sebelum panen.

Sebelum menebar benih ikan lele ada beberapa hal yang perlu sekali untuk Anda pahami. Di mana dalam artikel ini akan dibahas lebih dalam.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menebar benih ikan lele

Ada pun beberapa hal yang sangat penting sekali untuk diperhatikan sebelum Anda melakukan penebaran bibit ikan lele ini. Berikut ini adalah hal penting tersebut:

  1. Memilih jenis benih ikan lele

Jenis benih ikan lele ternyata sangatlah banyak, di mana di Indonesia sendiri ada beberapa jenis ikan lele yang sering kali dipilih untuk dibudidayakan. Jenis – jenisnya adalah ikan lele dumbo, samgkuriang, phiton, mutiara dan masamo.

Semua jenis lele tersebut sangatlah digemari oleh masyarakat Indonesia untuk di konsumsi. Anda hanya tinggal memilih salah satu jenis benihnya saja, karena semua jenis ikan lele memiliki peluang besar untuk dibudidayakan.

  1. Kedalaman air

Kedalaman air juga perlu sekali untuk Anda perhatikan. Idealnya, untuk kedalaman kolam untuk budidaya ikan lele adalah sekitar 30 cm hingga 40 cm. Hal ini sendiri dikarenakan untuk menghindari kolam yang terlalu padat.

Maksud padat disini adalah jumlah ikan lele terlalu banyak pada satu kolam. Tidak hanya itu saja, air kolam yang terlalu rendah juga membuat ikan lele tidak mempunyai tempat berlindung dari sinar matahari.

  1. Ukuran benih ikan lele

Memilih ukuran benih ikan lele juga menjadi salah satu hal yang sangat penting sekali untuk diperhatikan. Ukuran benih lele yang dapat Anda pilih berbeda – beda. Di mana biasanya para pembudidaya lele sendiri akan menyarankan beberapa ukuran bibit lele dari usia 30 hari hingga 60 hari atau bahkan lebih.

Alasan dari pemilihan ukuran benih ini karena lele termasuk ikan kanibal, yang artinya akan memakan lele yang lebih kecil dari ukuran mereka. Maka dari pada itu, pemilihan bibit dengan ukuran yang sama akan mencegah lele saling memakan satu sama lain ketika sudah agak besar.

Cara menebar bibit ikan lele yang benar

Dengan melihat hal penting di atas, tentu saja tahap selanjutnya yang perlu diketahui ada dari cara menebar benih ikan lele.

  1. Proses aklimatisasi

Pertama sebelum Anda memasukan benih lele ke dalam kolam harus dilakukan proses aklimatisasi. Proses aklimatisasi adalah treatment adaptasi yang harus dilakukan agar benih ikan dapat menyesuaikan suhu dan pH pada kolam baru. Karena jika Anda langsung memasukan benih ikan lele tanpa dilakukan aklimatisasi sendiri maka menyebabkan ikan lele stress dan cepat mati.

Proses aklimatisasi ini Anda hanya perlu mengapungkan wadah yang digunakan sebagai media tempat benih di kolam yang sudah disediakan. Proses ini biasanya akan memakan waktu 10 hingga 15 menit. Namun, Anda juga dapat membuka sedikit media tempat benih dan masukan air kolam sedikit demi sedikit untuk proses lebih cepat.

  1. Masukan benih lele secara perlahan

Jika sudah terasa bahwa suhu dalam media benih ikan lele sudah sama dengan kolam, maka Anda dapat memiringkan media secara perlahan agar benih ikan lele keluar sendiri. Pastikan bahwa benih sudah keluar semua dengan mengeceknya secera menyeluruh.

  1. Pemberian makan benih lele

Untuk pemberian pakan benih ikan lele, Anda dapat mencoba pada keesokan harinya. Karena saat proses pemindahan habitat lama ke baru belum tentu ikan lele mau makan. Jadi, sebaiknya menunggu terlebih dahulu agar ikan lele beradaptasi dengan tempat yang baru.

Itulah hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika ingin melakukan penebaran benih ikan lele dan juga caranya yang benar untuk pemula. Dengan memperhatikan hal tersebut dan caranya yang benar maka Anda dapat menjadi pembudidaya ikan lele yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *