jamur moncong putih

Cara Mengobati Penyakit Jamur Moncong Putih Pada Lele

Lele merupakan jenis lele yang sangat banyak dibudidayakan. Di Indonesia, sudah ada ribuan peternak lele yang jatuh bangun menjaga bisnisnya agar tetap berjalan. Akan tetapi penyakit seperti jamur moncong putih (penyakit mulut putih) pada lele seringkali merusak rencana bisnis para peternak.

Sebenarnya bagaimana bentuk ikan lele yang terserang penyakit tersebut, dan bagaimana colusinya? Berikut ulasan selengkapnya.

Penampakan Dan Penyebab Jamur Moncong Putih

Lele yang terkena penyakit jamur moncong putih biasanya pada bagian moncong atau mulutnya berwarna putih, disertai dengan gerakan menggantung. Penyakit yang satu ini termasuk dalam penyakit “komplikasi”. Yang merupakan buah dari ketidaksesuaian faktor lingkungan disertai dengan kondisi kesehatan ikan itu sendiri.

Penyakit jamur moncong putih bisa disebabkan oleh ketidaksesuaian suhu air tempat lele berada. Atau pH air yang tidak pada batas yang disarankan. Penyakit ini juga merupakan sindrom pasca pemindahan lele dari tempat pembibitan ke kolam terpal milik para peternak.

Cara Mengobati Jamur Moncong Putih Pada Lele

Penyakit jamur moncong putih pada lele jika segera ditangani dengan tepat, bisa menyelamatkan sekitar 20% jumlah lele yang terjangkit. Gejala yang bisa nampak pada bagian mulut, sirip, hingga kepala lele bisa diobati dengan berbagai cara. Berikut ini di antaranya :

  1. Dengan cara alami

Untuk mengobati lele yang terkena penyakit moncong putih, Anda bisa menggunakan cara alami dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar kita. Bahan-bahan yang akan Anda butuhkan adalah daun pepaya, buah mengkudu, dan bawang putih. Berikut ini cara pembuatan ramuannya :

  • – Blender terlebih dahulu daun pepaya, lalu saring
  • – Masukkan buah mengkudu dan bawang putih, blender hingga benar-benar halus
  • – Dan masukkan air secukupnya

Setelah ramuan jadi, berikut ini cara mengobati lele yang terjangkit penyakit mulut putih dengan ramuan bawang putih tersebut :

  • – Terlebih dahulu persiapkan kolam baru khusus untuk lele yang terjangkit, dengan air yang dicampur garam secukupnya
  • – Kuras kolam lama, dan pindahkan lele yang terkena penyakit ke kolam baru
  • – Kolam lama yang berisi lele sehat kembali diisi airnya hingga cukup
  • – Setelah itu pada kolam yang baru dan berisi lele yang terjangkit, tebarkan ramuan secara merata ke dalam kolam

And then biarkan lele yang terjangkit penyakit tidak diberi pakan selama 1 hingga 2 hari. Baru pada hari ketiga penanganan, beri mereka pakan secukupnya, jangan langsung terlalu banyak.

  1. Dengan probiotik

Cara kedua untuk menangani ikan lele yang satu ini bisa dibilang lebih modern, yaitu menggunakan probiotik fermentasi. Petani Magma telah menunjukkan cara membuat probiotik fermentasi yaitu pada video berikut. Anda bisa menggunakan cara pembuatan probiotik tersebut, or menggunakan probiotik SOC dari pabrik. Berikut ini cara mengobati jamur moncong putih dengan probiotik :

  • – Terlebih dahulu kuras kolam, pindahkan lele yang terjangkit pada kolam baru yang sudah diberi taburan garam
  • – Isi kolam lama yang berisi lele sehat hingga airnya mencukupi
  • – Setelah itu berikan probiotik fermentasi atau pabrikan
  • – Puasakan ikan dalam waktu 1-2 hari
  • – Pada hari ketiga, berikan pakan dalam jumlah sedikit, kira-kira 30-40% dari total pakan biasanya

Nah, itulah beberapa cara mengobati ikan lele yang terkena jamur mulut putih dengan cara alami atau menggunakan probiotik. So, sebaiknya jangan gunakan kedua cara tersebut secara langsung. Hal ini dikarenakan daun pepaya pada cara alami memiliki sifat mematikan semua bakteri (baik jahat maupun buruk). Sedangkan pada cara kedua, probiotik mengandung bakteri baik untuk lele yang bisa tidak bekerja efektif jika dicampur dengan cara pertama.

Thus jika pada kenyataannya lele menderita penyakit lain seperti Aeromonas (biasanya menempel pada badan lele dan berwarna merah), campurkan 1 buah super tetra atau tetracycline pada pakan yang akan diberikan pada lele. Dengan begitu lele akan perlahan-lahan menjadi sehat.

Cara Mencegah Terjadinya Penyakit Moncong Putih

Berdasarkan berbagai penyebab penyakit moncong putih yang telah kami sebutkan di atas, berikut ini berbagai cara mencegah terjadinya jamur moncong putih :

  1. Perhatikan waktu tebar benih, sebaiknya pada pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari menjelang malam ketika matahari hendak terbenam.
  2. Jangan mencari tempat beli benih yang terlalu jauh dari tempat ternak Anda untuk mengantisipasi perubahan suhu yang terjadi ketika mengantarkan benih lele yang telah dibeli.

Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan tersebut, lele akan terhindar dari stres yang memicu adanya penyakit jamur moncong putih. But, dibutuhkan waktu yang agak  lama untuk mengobati penyakit ini. Semoga ilmu yang kami berikan bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *