Mengatasi bau kolam lele

Cara Merawat Air Kolam Lele Agar Tidak Bau : Bebas Amonia!

Halo sahabat Petani Magma, kembali bertemu dengan kami. Kali ini kami akan membahas perihal cara mengatasi bau kolam lele agar tidak terlalu menyengat. Kita semua tahu jika memelihara ikan lele untuk kepentingan budidaya tidak semudah kelihatannya.

Terkadang benih lele bisa mati massal, atau kolam yang menimbulkan bau apek karena air kolam lele bercampur dengan kotoran serta pakan lele yang tidak termakan. Alhasil kondisi tersebut meresahkan para warga yang hidup di sekitar kolam lele tersebut. Nah, untuk mengatasi bau kolam lele yang cukup parah, berikut ini ulasan selengkapnya.

Penyebab Bau Kolam Lele Yang Menyengat

Ikan lele merupakan jenis ikan yang bisa hidup dengan kepadatan tertentu. Biasanya kepadatan yang disarankan adalah sekitar 280 hingga 300 ekor per meter persegi. Walaupun hidup sesuai dengan tingkat kepadatan yang disarankan, kolam lele pun bisa tetap berbau tidak enak. Berikut ini berbagai penyebabnya :

  1. Kotoran ikan yang terlalu lama tidak dibersihkan
  2. Air kolam yang terlalu lama tidak dibersihkan sehingga tercampur oleh fermentasi probiotik yang mengakibatkan berbagai mikroorganisme di dalamnya mati
  3. Pemilik kolam lele memberikan pakan yang mentah tanpa terlebih dahulu diolah pada ikan lele mereka
  4. Pemilik kolam memberikan pakan ikan secara berlebihan, sehingga menyebabkan timbulnya senyawa nitrit, nitrat, serta amonia di dalam kolam
  5. Terdapat bangkai ikan lele yang mati namun tidak segera dikeluarkan karena ketidaktahuan pemilik kolam

Solusi Untuk Merawat Air Kolam Lele Agar Tidak Bau

Berbagai penyebab yang telah kami sebutkan di atas bisa menjadi pemicu air kolam terlihat keruh atau bahkan berbau tidak enak. Air kolam yang berbau tentu saja menjadi sinyal jika air kolam tersebut harus diberi langkah lanjutan agar tidak membahayakan lele. Berikut ini cara merawat air kolam agar tidak bau :

  1. Rutin membersihkan kolam

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bau kolam lele adalah dengan membersihkan kolam secara rutin. Jika terdapat daun-daunan yang jatuh di atas kolam, segera bersihkan karena akan bisa membusuk di atas kolam jika tidak ditangani. Jika air kolam terlihat keruh karena kotoran, segera kuras airnya dan ganti dengan yang baru.

  1. Berikan jenis pakan pelet pabrikan atau yang sudah diolah

Perihal pakan memang menjadi faktor mengapa air kolam lele cepat bau. Selain karena memberikannya dalam jumlah tidak wajar, banyak pemilik kolam yang tidak mengolah pakan lele lebih dulu. Hendaknya berikan pakan pelet pabrikan sesuai dengan batas wajar serta olah terlebih dahulu pakan, dengan demikian air kolam tidak akan cepat bau.

  1. Memberikan pakan berupa tanaman

Ikan lele yang diternakkan bisa juga diberi pakan berupa tanaman sebagai asupan tambahannya. Jenis tanaman yang sering diberikan pada ikan lele adalah batang daun pisang. Batang pisang dicacah cukup kecil, lalu ditebar di kolam. Fungsi dari batang pisang ini adalah sebagai asupan nutrisi tambahan bagi lele serta penurun pH kolam agar tidak terlalu asam.

Itulah berbagai cara mengatasi bau kolam lele agar airnya tetap awet dan tahan lama. Dengan demikian, bau tidak sedap tidak akan muncul di kolam lele milik Anda. Segera praktekkan berbagai metode yang telah kami beritahukan tersebut di rumah ya. Selamat sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *