Budidaya LelePerikanan

Persiapan Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Budidaya ikan lele dapat menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Apalagi kebutuhan akan ikan berkumis ini sangat tinggi hampir di semua daerah. Untuk berternak lele sendiri juga terbilang mudah selama Anda memahami bagaimana caranya.

Cara yang paling mudah dan murah untuk menjadi pembudidaya lele adalah dengan menggunakan kolam terpal. Kolam terpal ini sendiri tentu saja memiliki kelebihan yang akan memberikan keuntungan bagi Anda.

Kelebihan Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Menggunakan kolam terpal untuk budidaya ikan lele sangatlah menguntungkan. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan kolam terpal ada beberapa kelebihan yang dapat dirasakan. Berikut ini adalah kelebihan ternak lele dengan menggunakan kolam terpal:

1. Mengurangi serangan hama dan penyakit

Kelebihan budidaya ikan lele dengan menggunakan kolam terpal sendiri adalah mampu menekan serangan hama dan penyakit. Dalam berternak hewan apapun hama dan penyakit adalah musuh besar. Karena jika tidak dicegah sudah pasti akan menyebabkan kerugian.

Hal ini sendiri dikarenakan tingkat kelembaban kolam terpal dengan kolam semen atau tanah sangatlah berbeda. Apalagi penyakit dan hama mudah sekali berkembang di kolam semen atau tanah.

Jadi, dengan menggunakan kolam terpal pertumbuhannya tidak lambat serta mampu panen pada waktu yang tepat.

2. Presentase kehidupan ikan lebih lama

Tidak hanya itu saja, ketika Anda memilih budidaya ikan lele di kolam terpal maka presentase kehidupannya akan lebih. Hal ini sendiri dikarenakan kolam terpal mampu menekan pertumbuhan hama dan juga mencegah penyakit pada ikan lele.

Sehingga sudah pasti hasil panen akan tetap terjaga. Adapun survey yang menyatakan bahwa presentase kehidupan lele di kolam terpal mencapai 95%.

3. Lebih mudah merawatnya

Menggunakan kolam terpal untuk budidaya ikan lele adalah mudah dari segi perawatan dan pembuatannya. Penyebaran benih ikan dengan menggunakan kolam terpal juga lebih cepat.

Tidak hanya itu saja, kolam juga sangat mudah dibersihkan di mana Anda hanya perlu menyedot sisa makanan lele yang ada di dasar kolam. Saat panen ikan pun juga tidak sulit, karena tidak membutuhkan tenaga yang berlebih.

Persiapan Ternak Lele di Kolam Terpal

Sebenarnya untuk persiapan budidaya ikan lele di kolam terpal sendiri sangatlah mudah. Di mana tentu saja Anda harus mengetahui beberapa hal yang perlu untuk diketahui. Berikut ini adalah persiapannya:

1. Lahan

Pertama tentu saja Anda harus menyiapkan lahan, di mana Anda akan meletakan kolam terpal ini. Karena untuk budidaya ikan lele sendiri membutuhkan kolam yang berukuran sedang hingga besar. Anda dapat membuat kolam ikan lele dengan luas 3 meter ataupun 5 meter.

2. Membuat kolam terpal

Nah, untuk selanjutnya adalah membuat kolam terpal itu sendiri. Ada dua tipe yang memang dapat Anda gunakan yaitu dengan kolam terpal bentuk bulat ataupun persegi panjang. Tapi, mau bentuk yang mana saja sama – sama memiliki tingkat keberhasilan tinggi.

Hanya saja untuk kolam berbentuk persegi panjang dapat dikatakan lebih murah dan menghemat lahan. Untuk membuat kolam terpal dengan bentuk bulat perlu dilakukan oleh ahli.

Pembuatan dengan kolam persegi panjang juga dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan bahan – bahan yang lebih terjangkau.

3. Pemilihan bibit

Persiapan selanjutnya adalah dari pemilihan bibit ikan lele itu sendiri. Tentu saja Anda perlu mendapatkan bibit ikan lele yang berkualitas. Carilah bibit ikan lele yang bergerak dengan lincah dan juga sehat.

Tidak hanya itu Anda juga dapat memilih bibit dengan ukuran yang beragam. Lalu pastikan juga bahwa indukan dari bibit tidak memiliki riwayat penyakit.

4. Air dengan Ph yang baik

Berternak ikan lele yang paling utama adalah memastikan kadar pH dalam air sesuai. Karena jika pH air diluar batas standar akan menyebabkan ikan lele cepat mati ataupun gagal panen. Untuk kadar pH air yang sehat dan cocok adalah pada angka 7 – 8. Namun dalam prakteknya lele juga masih bisa di budidayakan di Ph air 6.

5. Suhu air

Tidak hanya dari kadar pH air saja yang perlu untuk Anda perhatikan. Suhu pada air pun juga harus dapat Anda jaga dengan baik. Agar hasil panen ikan lele berhasil, Anda harus memastikan suhu air berkisar di angka 26 hingga 36 derajat celcius.

Dari penjelasan di atas sendiri, Anda sudah dapat melihat bahwa untuk budidaya ikan lele di kolam terpal sendiri sangatlah mudah dan tingkat keberhasilan sangatlah tinggi. Terlebih lagi keuntungan yang menanti juga sangat menggiurkan.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button